Senin, 02 Juli 2012

Balada Ketilang Polisi


Tahun lalu gue pernah ke tilang di lampu merah Harmoni. Waktu itu, gue baru aja begadang malamnya kumpul sama Kampreet. Tidur jam 4 pagi buat gue rada sempoyongan buat balik ke kosan. Jam 6 paginya, gue udah bangunin Ipot buat langsung cabut ke kosan tapi sebelumnya nganterin dulu si doi ke Cikini.
Mata masih merem-melek gue ngendarain motor dari Cengkareng. Sampai Roxy gue masih selamet. Ipot gue rasa masih tidur di belakang. Nyampe Harmoni, sial banget… gara-gara gak nyalain lampu gue diberentiin polisi. Padahal gue udah nyalain pas jarak sekitaran 5 meter dari dia. Tetep aja ketauan. Pas banget lampu lallu lintas udah merah. Orang lagi rame-ramenya nunggu lampu jadi ijo lagi. Berentilah gue di samping tiang lampu merah. Gue inget betul itu udah jam 7 lewat. Matahari lagi terang-benderang. Terlibatlah adu mulut ama tuh Polisi.

“Misi mbak, surat-suratnya tolong diperlihatkan?” pintanya.
Untung gue udah buat SIM dari kapan tau. Gue pamerin dah tuh SIM dan STNK.
“Gini mbak… tadi Mbak gak nyalain lampu. Jadi mbak saya tilang,” ujarnya mantap.
“Ya elah, Pak. Saya kudu ke kampus. Udah mau jam 8. Saya ada ujian, Pak!” alasan paling top yang sering digunain sama anak sekolah haha.
“Gak bisa, Mbak. Mbak udah ngelanggar peraturan tidak menyalakan lampu,” tegasnya.
Geram gue. Tadinya ngantuk jadi melotot ini mata. Ipot udah bisik-bisik nyuruh gue kalem supaya damai. Ipot juga udah bujuk-bujuk tuh polisi gak mempan juga.
“Saya tilang ya!” Polisi itu langsung nulis di kertas merah dan bersamaan mensteples SIM gue jadi satu sama tuh kertas.
“Pak, ngapain sih nyalain lampu. Kata Ibu saya, itu sama aja gak mensyukuri nikmat Tuhan. Orang terang benderang begini nyalain lampu!!!” ujar gue sedikit berteriak. Orang-orang di sekeliling gue langsung pada nengok.
Polisi sempat terdiam, lalu… “Mbak tanya saja sama RUMPUT YANG BERGOYANG!” jawabnya enteng.
Eettt dah! Tuh polisi ngelawak dia…

Gue yang tadinya marah, jadi cekikikan bareng Ipot gak berenti-berenti sampe Cikini. Ya udahlah pasrah aja. Mungkin itu salah satu derita pengemudi di Jakarta yang udah seaberk-abreknya. Motor udah kayak semut nyalip-nyalip. Mau punya SIM kek ga kek, sama aja.
Gue sih gak masalah kalau ke tilang yang lain. Yang gue gak terima kenapa cuma gara-gara lampu. Masih gak ngerti gue apa sih esensinya lampu kudu dinyalain siang-siang. Apa tuh pabrik motor udah join ama polisi kali ya biar lampu motor pada cepet putus karena dinyalain mulu hahha suudzon dah gue.
Okelah, sebulan berikutnya gue tebus tuh SIM kesayangan gue #ajeileh haha ke Pengadilan. Jam 10 pagi orang udah pada bejubel kayak ngantri beras. Ampun dah, gue denger-denger ada sekitaran 1000 orang yang ketilang. Gila gak tuh!
Pengadilan yang segitu kecilnya dipenuhi orang-orang yang udah kalap. Rata-rata yang gue temuin pengendara yang lupa nyalain lampu siang-siang. Hahaha berasa ketemu sahabat sepenanggungan #lebai dikit.
Gue masuklah ke lorong lantai atas. Busyet, cowok semua. Mau dari bapak-bapak, om-om, pemuda tanggung, kakek-kakek semua desek-desekan. Mana cewenya? Bahaya nih! Membatin.
Entah kenapa, gue selalu was-was kalo udah begini. Gue takut kena pelecehan sesksual aja. Di Bus juga banyak apalagi ini bisa alesan spele misalnya: maaf gak sengaja, didorong dari belakang. Huh! Sori mayori nih, bukan gue negative thingking ama kaum adam. Cuma dari sekian kali, sering aja ambil kesempatan dalam kesempitan. Ada sih beberapa bapak-bapak yang nolongin gue. Dan gue sangat berterima kasih sama tuh bapak-bapak.
2 jam, dan akhirnya gue kedorong-dorong ampe pinggir. Abis ngambil nomor antrian dan nyerahin surat tilang, gue pikir bakal disidang. Setau gue sih prosedurnya gitu. Tapi boro-boro. Antri ciin… capek banget. Tadinya gue mau pake jasa calo yang banyak berkeliaran disekitar situ. Tapi iseng aja gue pengen ngerasain birokrasi pemerintah #ups!
Terus kedorong-dorong, tiba-tiba ada nenek-nenek yang jerit-jerit. Gue pikir dia kenapa, gak taunya dia lagi marah-marahin bapak-bapak yang rusuh. Hahha ini dia SuperWomen! Alhasil gue deketin nenek itu, beberapa perempuan yang gue kira gak ada akhirnya muncul dan kami berkumpul. Ada sekitara 8 perempuan. Leganya… aman gue. Maklumlah perempuan tuh gampang banget deket. Apalagi disaat-saat genting seperti ini, melindungi sesamanya adalah kewajiban! Hidup Perempuan!!
Kita cerita-cerita. Gue pikir tuh nenek nyetir motor terus ketilang, gak taunya dia ngambilin SIM cucunya. Ya ampun ini nenek super sekali #marioteguh. Yang lain sama kayak gue. Sejam kemudian, nama gue dipanggil dan selesailah perjuangan gue. Dengan membayar lima puluh ribu SIM gue balik. Lalu gue pamit sama temen-temen seperjuangan gue itu #halah. “Hati-hati neng!” ujar nenek. Senang sekali gue.
Ketika gue keluar, orang-orang terus berdatangan. Tambah sumpek! Orang-orang terus menggurutu dengan pelayanan pengadilan yang kayaknya ‘main-main’. Buang-buang waktu bagi yang sibuk. Rezeki buat yang ngganggur terus jadi calo. Simalakama buat pengadilan karena sepanjang keadaan itu berlangsung berjuta-juta umpatan dan makian berkoar dimana-mana. Dan buat gue itu pengalaman berharga yang gak bisa gue lupain J
Ini ada sedikit gambar yang berhasil gue abadikan. Kalo agak gemeresek itu kesalahan berasal layar komputer Anda hehhe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar